Penyakit Hepatitis A : Gejala , Penyebab Dan Informasi Pengobatannya

Seperti yang kita ketahui penyakit hepatitis terbagi kedalam beberapa jenis , Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan kepada anda informasi mengenai penyakit hepatitis A beserta dengan gejala , penyebab hingga cara mengobatinya.

Penyakit Hepatitis A

Seperti yang telah kita ketahui , Hepatitis merupakan sebuah kondisi dimana telah terjadinya peradangan pada organ hati / liver yang menyebabkan munculnya pembengkakan. Hepatitis merupakan salah satu kondisi yang serius yang dipicu atau disebabkan oleh infeksi.

Lantas Apa Itu Penyakit Hepatitis A

Untuk penyakit hepatitis a , Penyakit ini merupakan salah satu dari beberapa jenis penyakit hepatitis. Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa hepatitis ini terbagi kedalam beberapa jenis mulai dari hepatitis A , B , C , D  hingga Hepatitis E .

Untuk pengertian hepatitis a sendiri , penyakit ini hepatitis ini adalah salah satu jenis hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe a yang menyerang sel-sel dalam hati / liver.

Untuk kasus hepatitis a sendiri , Di asia tenggara (termasuk indonesia) menurut hasil riset diperkirakan terdapat 400.000 orang yang terserang hepatitis jenis ini.

Yang menarik disini , Masih di asia tenggara angka kematian orang pertahun akibat hepatitis a mencapai 800 jiwa dan sebagian besar diantara mereka adalah anak-anak.

Perlu anda ketahui , banyak diantara para penderita hepatitis a yang baru menyadari bahwa telah terkena hepatitis disaat melakukan pemeriksaan ke dokter mengenai gejala-gejala hepatitis yang mulai parah yang mereka rasakan.

Dalam hal ini , perlu ditekankan bahwa sekecil apapun gejala yang anda rasakan , sebaiknya anda memeriksakannya sedari dini , agar penyebab dari gejala yang anda rasakan bisa dengan cepat terdiagnosa.

Untuk anda yang belum tau gejala apa saja yang termasuk kedalam gejala hepatitis a , anda bisa simak gejala-gejala tersebut dibawah ini.

Gejala Penyakit Hepatitis A Yang Seringkali Tidak Disadari

Berbicara mengenai gejala hepatitis a , tidak semua hepatitis jenis ini menimbulkan munculnya gejala , adapun jika memang ada gejala , biasanya gejala yang dirasakan seperti :

Mata Menguning Gejala Penyakit Hepatitis
Ilustrasi Mata Menguning Gejala Hepatitis (sumber : google.com)
  • Sering pusing
  • Sering merasakan mual disertai muntah
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Mengalami diare
  • Nafsu makan menjadi menurun
  • Mengalami kelelahan ekstrem
  • Otot dan persendian tubuh sering terasa nyeri
  • Urine mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap
  • Feses / kotoran terlihat kuning pucat
  • Nyeri disekitar perut
  • Serta bagian putih mata dan kulit mengalami perubahan warna dan terlihat agak kekuningan (mata menguning).

Gejala-gejala diatas biasanya sering tidak disadari bahwa gejala tersebut merupakan indikasi dari penyakit hepatitis A.

Kebanyakan para penderita hepatitis a baru menyadari bahwa telah terkena hepatitis disaat mereka telah melakukan pemeriksaan ke dokter.

Penyebab Penyakit Hepatitis A Yang Paling Sering Dialami

Jika berbicara mengenai penyebab dari penyakit hepatitis entah itu hepatitis A ataupun hepatitis jenis lainnya ,penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus !!

Virus yang menginfeksi dan menyebabkan hepatitis di tiap jenisnya pun berbeda beda , nah pada hepatitis a virus yang menyebabkan hepatitis ini adalah virus hepatitis a.

Ilustrasi Virus Hepatitis A
Ilustrasi Virus Hepatitis A (sumber : google.com)

Bagi anda yang belum tau , virus pada hepatitis a ini biasanya sering didapatkan dari makanan yang anda konsumsi.

Makanan yang mengandung virus hepatitis a ini biasanya terdapat pada makanan yang terkontaminasi tinja akibat kebersihan yang kurang terjaga.

Selain daripada itu , beberapa faktor dibawah ini dapat meningkatkan penyebaran virus penyakit hepatitis a , yang mana beberapa faktor tersebut meliputi :

  • Kondisi sanitasi yang sangat buruk
  • Ketersediaan air bersih baik di rumah ataupun di lingkungan sekitar kurang
  • Sering mengonsumsi makanan yang tidak matang (masih mentah)
  • Tertular dari penderita hepatitis
  • Pemakaian jarum suntik yang sama dengan penderita hepatitis
  • Melakukan seks anal dengan penderita hepatitis
  • Hubungan seks antar sesama jenis seperti pria dengan pria lagi meningkatkan resiko hepatitis
  • Memiliki pekerjaan yang mengharuskan berada di lingkungan yang kotor seperti di selokan dll.

Agar kita terhindar dari penyakit hepatitis a , alangkah lebih baiknya kita melakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan entah itu kebersihan tempat tinggal ataupun kebersihan makanan yang ingin kita konsumsi.

Awas Hepatitis A Mengalami Komplikasi

Bagi anda yang saat ini mengidap penyakit hepatitis a , sebaiknya pengobatan harus segera dilakukan , kenapa? karena jika dibiarkan bgitu saja tanpa melakukan pengobatan apapun , penyakit hepatitis a bisa mengalami komplikasi.

Dibawah ini terdapat beberapa kompliksi dari penyakit hepatitis a yang sering terjadi , apa saja ?

1 . GAGAL HATI

Komplikasi dari penyakit hepatitis a yang pertama dapat menyebabkan fungsi hati menjadi menurun drastis atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Kondisi ini (gagal hati) biasanya sering ditandai dengan sering muntah yang sangat parah , mudah mengalami pendarahan , daya igat dan konsentrasi penderita menjadi menurun.

jika kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat , awas !! kegagalan hati dapat menyebabkan kematian.

2 . INFEKSI RENTAN KAMBUH

Jika penyakit hepatitis a tidak mendapatkan penanganan yang maksimal , kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi sehingga infeksi pada organ hati akibat hepatitis a dapat / rentan kambuh

3 . DAPAT MEMICU KOLESTASIS

Komplikasi hepatitis a selanjutnya dapat memicu kolestasis , apa itu kolestasis ?

Kolestasis sendiri merupakan sebuah kondisi dimana telah terjadinya kegagalan aliran cairan empedu masuk ke dalam duodenum dalam jumlah yang normal.

Rekomendasi Pengobatan Penyakit Hepatitis A

Berbicara mengenai pengobatan penyakit hepatitis a , anda bisa mengobatinya dengan cara medis sesuai saran dan prosedur dokter.

Atau selain dengan cara medis , anda juga bisa mencoba mengobati penyakit hepatitis dengan melakukan pengobatan alternatif.

Kedua jenis pengobatan diatas sama baiknya , akan tetapi disini kami merekomendasikan anda untuk mencoba melakukan pengobatan hepatitis a dengan cara alami.

Kenapa mengobati hepatitis a harus dengan cara alami ?

Alasannya karena dengan cara alami , pengobatan yang dilakukan akan jauh lebih praktis , lebih efektif dan yang terpenting lebih aman karena tidak akan sampai menimbulkan efeksamping.

Untuk informasi obat alami penyakit hepatitis , informasi obatnya bisa anda lihat disini : OBAT HEPATITIS ALAMI

 

Tips Pencegahan Penyakit Hepatitis A

Mengobati hepatitis a memang sangat penting , akan tetapi lebih penting lagi jika kita melakukan pencegahan dibandingkan dengan melakukan pengobatan.

Dalam kasus penyakit hepatitis a , terdapat beberapa tips cara pencegahan yang bisa dilakukan. Sebenarnya untuk penyakit hepatitis a , pencegahan yang dilakukan mengarah pada faktor kebersihan seperti :

Mencegah Hepatitis A Dengan Cuci Tangan
Mencegah Hepatitis A Dengan Cuci Tangan
  • Pastikan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  • Mencuci tangan hingga benar-benar bersih setelah selesai keluar dari toilet
  • Memiliki peralatan pribadi yang tidak dipakai berbarengan dengan orang lain
  • Tidak berbagi peralatan makan dengan orang lain
  • Pastikan masakan yang kita konsumsi benar benar matang hindari makanan mentah
  • Selalu memastikan kebersihan makanan saat kita jajan di pedagang kaki lima.


Nah itu tadi merupakan sekilas informasi terkait penyakit hepatitis a beserta dengan penyebab , gejala , komplikasi sampai pengobatan dan pencegahan yang bisa dilakukan.

Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat

Semoga Lekas Sembuh

Jangan lupa berkunjung lagi di www.obathepatitisalami.com , karena di situs ini masih banyak informasi-informasi seputar penyakit hepatitis lainnya yang bisa anda ketahui.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*