Apakah Penyakit Hepatitis Dapat Menular Ke Orang lain

Apakah Penyakit Hepatitis Dapat Menular Ke Orang Lain ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini seringkali dilontarkan oleh mereka yang memiliki anggota keluarga , teman ataupun sanak saudara yang terkena hepatitis.

Alasan mereka menanyakan pertanyaan mengenai apakah penyakit hepatitis dapat menular ke orang lain atau tidak ini dikarenakan mereka khawatir dan takut jika mereka tertular.

Nah untuk mengetahui bisa menular atau tidaknya penyakit hepatitis , informasi tersebut bisa anda simak lengkap dalam artikel ini.

Penyakit Hepatitis ?

Sebelum memberikan jawaban terkait penyakit hepatitis menular atau tidak , apakah anda tau apa itu penyakit hepatitis ?

Dalam artikel artikel yang telah saya tulis sebelumnya telah dijelaskan bahwa hepatitis ini merupakan gangguan pada hati / liver yang bersifat serius yang disebabkan oleh infeksi virus.

Ilustrasi Infeksi Virus Hepatitis Di Organ Hati / Liver
Ilustrasi Infeksi Virus Hepatitis Di Organ Hati / Liver

Infeksi virus tersebut biasanya menyerang sel-sel hati dan dapat menyebabkan munculnya peradangan serta pembengakan pada organ hati.

Selain disebabkan oleh infeksi virus , ternyata terdapat pula beberapa faktor lain yang dapat menjadi pemicu hepatitis , coba lihat disini : Penyebab Penyakit Hepatitis Yang Menyerang Organ Hati

Akibat dari terinfeksinya hati dan menyebabkan terjadinya hepatitis , kondisi ini seringkali menyebabkan munculnya beberapa gejala yang sangat khas.

Coba tengok ini : Ciri Ciri Orang Yang Terkena Penyakit Hepatitis

Kembali lagi ke topik pembahasan diatas , apakah penyakit hepatitis dapat menular ke orang lain? Coba simak secara cermat ulasan dibawah ini.

Apakah Penyakit Hepatitis Dapat Menular Ke Orang lain ?

Untuk anda yang penasaran dan ingin tau apakah penyakit hepatitis dapat menular ke orang lain atau tidak , dan ternyata Jawabannya IYA , !!  Penyakit hepatitis dapat menular ke orang lain.

Dengan cara apa hepatitis tersebut menular ?

Sebenarnya informasi mengenai penyakit hepatitis yang bisa menular ini sudah banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat.

Akan tetapi , meskipun mereka mengetahui akan penyakit hepatitis yang bisa menular ke orang lain , mereka cenderung tidak tau akan cara penularan hepatitis tersebut.

Nah berbicara mengenai cara penularan hepatitis ke orang lain biasanya dapat melalui berbagai hal seperti :

1 . Aktifitas Seksual

Cara penularan hepatitis yang pertama biasanya dapat terjadi melalui aktifitas seksual yang dalam hal ini virus menular melalui cairan seperti darah , ari mani ataupun cairan vagina yang telah terinfeksi virus hepatitis.

Agar bisa terhindar dari penularan melalui aktifitas seksual , sebaiknya anda lebih memperhatikan keamanan saat melakukan aktifitas seksual tersebut.

Beberapa hal bisa anda lakukan untuk mencegah penularan hepatitis yang diantaranya bisa dengan menggunakan pengaman saat melakukan aktifitas seksual dengan pasangan anda.

2 . Penggunaan Barang Yang Sama Dengan Penderita

Cara penularan hepatitis yang selanjutnya dapat melalui penggunaan barang yang sama dengan penderita.

Dalam hal ini sebaiknya anda tidak menggunakan barang atau benda yang sama dengan penderita agar dapat mencegah penularan hepatitis.

Benda-benda yang dimaksudpun merupakan benda-benda yang biasa dipakai sehari hari seperti sikat gigi , jarum , pisau cukur ataupun gunting kuku.

3 . Penggunaan Benda Yang Tidak Steril Kebersihannya

Banyak yang tidak mengetahui bahwa menggunakan alat seperti alat pembuatan tato atau alat tindik bisa menularkan hepatitis.

Biasanya tertularnya hepatitis akibat pembuatan tato pada tubuh ini dipicu akibat tidak sterilnya alat yang digunakan mulai dari kebersihan alat dll.

Selain alat pembuatan tato , penularan hepatitis juga bisa terjadi melalui benda-benda lainnya seperti alat salon , penggunaan alat medis yang tidak steril dan masih banyak lagi.

4 . Darah Yang Terkontaminasi

Untuk penularan hepatitis selanjutnya , penularan dapat terjadi melalui darah yang terkontaminasi virus hepatitis.

Penularan hepatitis akibat darah yang terkontaminasi ini bisa terjadi pada orang yang sedang melakukan tranfusi darah.

Selain tranfusi darah , terkena percikan darah dari orang yang terkena hepatitis pun dapat meningkatkan resiko penularan hepatitis , maka dari itu kebersihan harus selalu dijaga.

5 . Makanan Atau Minuman Yang Dikonsumsi

Penularan hepatitis juga bisa terjadi melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Tentunya tidak semua makanan dapat menularkan hepatitis , melainkan hanya makanan yang telah terkontaminasi virus hepatitis sajalah yang dapat menularkan hepatitis.

Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika kita lebih pintar dalam memilih makanan ataupun minuman yang ingin kita konsumsi.

Selain itu yang lebih penting sebaiknya kita memperhatikan kebersihan dari makanan dan minuman tersebut.

6 . Ibu Ke Anak

Untuk penularan hepatitis bisa juga ditularkan dari ibu ke anaknya , Hal seperti ini biasanya terjadi pada saat masa kehamilan berlangsung.

Jika pada masa kehamilan sang ibu terinfeksi virus hepatitis , maka secara otomatis jika tidak segera diatasi kondisi ini bisa berdampak pada janin yang dikandung.

Tidak sedikit diantara merekan (ibu hamil) yang menularkan penyakit hepatitis kepada anaknya disaat masa kehamilan berlangsung.

Apakah Penyakit Hepatitis Dapat Menular Ke Orang lain
Ilustrasi Penularan Hepatitis Pada Masa Kehamilan

Setelah menyimak paparan diatas mengenai jawaban dari pertanyaan apakah penyakit hepatitis dapat menular ke orang lain tentunya sekarang kita sudah mulai tau .

Nah agar kita terhindar dari penularan hepatitis tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita lebih memperhatikan beberapa hal seperti kebersihan dan beberapa hal lainnya.

Yang paling penting disini , Sebaiknya anda menghindari penggunaan barang yang sama dengan penderita hepatitis , kareana penggunaan barang sama dengan penderita lebih mempermudah penularan hepatitis itu sendiri.

Terlanjur Tertular Hepatitis , Apa Yang Harus Dilakukan ?

Bagi anda yang terlanjur tertular hepatitis , yang harus anda lakukan sekarang adalah jangan panik dan segera lakukan pengobatan

Untuk pengobatan hepatitisnya sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti dengan melakukan pengobatan medis sesuai saran dokter.

Atau bisa juga dengan menggunakan pengobatan alternatif yang lebih mengandalkan bahan-bahan alami dalam pengobatannya.

Kedua jenis pengobatan ini sama baiknya karena keduanya memiliki tujuan yang sama yakni untuk menuntaskan hepatitis.

Rekomendasi Pengobatan Hepatitis

Jika anda bingung dalam menentukan pengobatan hepatitis , disini kami memiliki rekomendasi pengobatan yang bisa anda coba.

Pengobatan hepatitis yang menjadi rekomendasi kami adalah melakukan pengobatan dengan cara tradisional yakni dengan dengan menggunakan Obat Hepatitis Alami .

Kenapa harus dengan obat hepatitis alami? karena dengan cara ini pengobatan yang dilakukan akan jauh lebih aman karena tidak akan sampai menimbulkan efeksamping.



Semoga informasi seputar jawaban dari pertanyaan apakah penyakit hepatitis dapat meluar ke orang lain atau tidak diatas dapat bermanfaat.

Jangan lupa mampir kembali di situs ini karena masih banyak informasi-informasi seputar penyakit hepatitis lainnya yang harus anda ketahui.

Semoga Lekas Sembuh

Posted : Apakah Penyakit Hepatitis Dapat Menular Ke Orang lain

Jika Sakit Berlanjut – Hubungi Dokter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*